Breaking News

PROSES RENOVASI KAPEL


RENOVASI KAPEL STASI
SANTO MIKAEL WIRADESA



Bagian Tengah Kapel
(30/07). dok.pan
Gereja Katolik Stasi St. Mikael Wiradesa – Paroki Pekalongan terletak di Jalan Ahmad Yani No.142, Wiradesa, Pekuncen, Kec. Wiradesa, Pekalongan, Jawa Tengah 51152 merupakan Gereja Katolik yang berdiri sejak 27 Maret 1968 dan diresmikan pada tanggal 19 Agustus 1997 oleh uskup keuskupan purwokerto, Mgr. P.S Hardjasoemarta MSC.
Dalam catatan sejarah, bangunan dari kapel yang digunakan saat ini, telah dipergunakan sejak tahun 1993, yang dimana untuk bangunannya sendiri telah berusia 26 tahun ditahun 2019 ini. Renovasi bangunan kapel telah dilakukan untuk pertama kalinya yakni pada pertengahan tahun 1996, dengan pertimbangan bahwa bangunan tersebut sudah kurang layak lagi untuk tempat kegiatan, seperti Perayaan Ekaristi, Bina Iman, dan pertemuan-pertemuan lainnya.
Bagian Gua Maria Kapel
Setelah berjalan ± 23 tahun, umat stasi Wiradesa makin bertambah. Pertambahan ini mengakibatkan pada kurangnya tempat (ruang kapel sudah tidak bisa lagi menampung umat). Maka dari itu, sekitar mulai tahun 2015an sudah ada pencanangan akan adanya renovasi terhadap kapel yang digunakan saat ini. Akan tetapi, dengan berbagai pertimbangan luar, rencana renovasi kapel inipun tak berjalan. Setelah lama tak dibicarakan, sekitar pertengahan tahun 2018, rencana renovasi kapelpun ditindak lanjuti. Sebuah kejutan bagi umat stasi, bahwa paroki (DPP dan Romo) mendukung akan adanya renovasi kapel ini. Setelah dibicarakan lebih lanjut, mulai awal tahun 2019, dibentuklah panitia renovasi kapel. Pertemuan demi pertemuan pun diadakan, dimana beberapa kali dihadiri pula oleh DPP Paroki. Rencana awal renovasi akan dilaksanan pada bulan Februari 2019, namun dengan pertimbangan bahwa masa-masa itu adalah masa kampanye (‘panas’) menjelang Pemilu serentak bulan April, maka renovasipun di mundurkan sampai Pemilu, yakni bulan April. Dengan adanya pertimbangan lagi, bahwa bulan April dekat dengan masa Paskah, maka untuk renovasipun disepakati akan terlaksana setelah perayaan Paskah. Bulan Juni, setelah menunggu beberapa lama, proses renovasipun akan segera dimulai. Tinggal menunggu surat dari Keuskupan Purwokerto, maka renovasipun akan terealisasikan.
Tempat Kapel sementara
Selama proses renovasi kapel nantinya, pasti kegiatan gereja di kapel stasi akan terhenti. Namun, setelah di rundingkan bersama, diputuskan bahwa kegiatan gereja di stasi tidak terhenti hanya karna tempat. Panitia dan Pengurus akhirnya berusaha mensurvei beberapa tempat. Puji Tuhan, akhirnya, setelah survei ke beberapa tempat, ada umat yang meminjamkan tempat miliknya kepada umat Stasi untuk di jadikan tempat sementara dalam berkegiatan gereja selama proses renovasi berjalan, yakni sebuah tempat ruko milik keluarga Bp. Dian Dianto, yang beralamat tak jauh dari lokasi bagunan stasi ini.
Kamis, 18 Juli 2019, Panitia dan pengurus mensurvei tempat sementara yang akan digunakan untuk kegiatan gereja tersebut, lalu dilakukan pembenahan sedikit dan bersih-bersih agar tempat itu dapat nyaman digunakan.
Pengarahan oleh Kepala tim Pekerja
Bapa Uskup pada
misa sabtu sore 
(20/07)
Sabtu, 20 Juli 2019, Kepala tim Pekerja yang akan merenovasi kapel, Bp. Sis melakukan pengarahan ke tim pelaksana pekerjaan. Saat itu, dihadiri pula oleh romo paroki, Rm. Ngarlan. Kejutan kembali bagi umat stasi Wiradesa, dimana pada sore harinya saat misa mingguan pukul 18.00 wib, Perayaan Ekaristi dihadiri sekaligus dipimpin langsung oleh Bapa Uskup Purwokerto, Mgr. Christophorus Tri Harsono. Kegembiraan dan keakraban terjalin saat itu.

Kerja Bakti
Suasana Kerja Bakti
Kamis, 25 Juli 2019, umat stasi mulai bersama-sama melakukan kerja bakti dengan memindahkan barang-barang peralatan liturgi dan mengosongkan kapel. Suasana sangat berkesan, dimana banyak umat mau ikut terlibat ambil bagian dalam kerja bakti ini. Sejak hari inilah, kegiatan stasi sudah dipindahkan ke tempat sementara yang baru.
Senin, 29 Juli 2019 dimulailah pengerjaan renovasi kapel, direncanakan proses renovasi ini akan selesai bulan November yang akan datang. Mohon Bantu dalam Setiap doa untuk kelancaran semua pekerjaan..-fmw

Tempat Kapel sementara

Bagian dalam (05/08)

Bagian Ruang Kapel (05/08)

Bagian Luar Kapel (06/08)

 

No comments