Breaking News

HARI RAYA KENAIKAN TUHAN 2020


HARI RAYA KENAIKAN TUHAN YESUS
-21 Mei 2020-


""Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka." 
(Kis 1:8-9)

Kenaikan Tuhan Yesus ke Surga merupakan sebuah bagian essensial nyata dari penyelamatan umat manusia itu sendiri oleh Kristus. Dalam perayaan Kenaikan Tuhan, kita diajak untuk melihat kodrat Allah yang menjelma menjadi manusia, yang terpenuhi didalam Pribadi Kristus secara lebih sempurna lagi. Bahwa dengan kenaikanNya yang mulia, Yesus memenuhi kurban penebusanNya.

Disisi lain yang begitu menarik untuk diperhatikan adalah Kenaikan Kristus juga merupakan suatu manifestasi berbeda, dimana Ia masuk ke dalam kemuliaan Surgawi duduk di sebelah kanan Bapa, hidup selama-lamanya untuk “menjadi pengantara kita kepada Allah”. Dimana dengan kenaikanNya ke Surga “Ia menyediakan tempat bagi kita, agar dimana Kristus berada di situpun kita berada” (bdk. Kis 14:2-3)

Dalam Konsili Vatican II, dikatakan bahwa "Dengan misteri Paskah, yaitu dengan Sengsara, Wafat, dan Kebangkitan serta KenaikanNya ke Surga, Kristus ‘menghancurkan maut kita dengan wafatNya, dan membangun kembali hidup kita dengan kebangkitanNya’.”

Dengan kenaikan Kristus pula, era kehidupan Iman yang baru telah dimulai yaitu era Gereja, era persekutuan umat Allah. Dalam era kini, kita umat beriman hidup dalam pengharapan akan kedatangan Tuhan yang kedua kalinya. Dengan peristiwa ini kita diajak untuk menjadi saksi Allah, untuk mewartakan Injil dan kasih Allah kepada setiap orang yang membutuhkannya. Sabda Allah pada hari Kenaikan Kristus ini mau menunjukkan kepada kita, bahwa Sabda Allah tidak akan menjadi apapun apabila tidak disertai dengan perbuatan nyata. 

Kita, umat beriman adalah saksi nyata dari wafat, bangkit dan kenaikan Kristus. Maka kita telah diberikan karunia oleh Kristus untuk memberitakan berita pengampunan dan pertobatan yang harus disampaikan kepada setiap orang. Dan tugas untuk mewartakan kabar sukacita ini tidak hanya diberikan kepada kaum Klerus namun diberikan pula kepada kita kaum awam dan siapapun yang telah dibaptis dan mau percaya sepenuhnya kepada janji Tuhan.


SELAMAT MERAYAKAN 
HARI RAYA KENAIKAN TUHAN 
Kamis, 21 Mei 2020

Tuhan Memberkati kita semua.. 


No comments