Breaking News

PELATIHAN PPA STASI

PELATIHAN PPA STASI

 

Ilustrasi Misdinar, 
dok. google


WIRADESA - Selasa,11 Juli 2017 Para PPA (Putra Putri Altar) atau yang biasa di sebut Misdinar Senior/lama bersama-sama melatih para PPA (Putra Putri Altar) atau Misdinar Junior/baru (yang kebanyakan baru Menerima Komuni Pertama pada Hr Tubuh n Darah Kristus Kemarin). Sekitar Pukul 09.45 WIB Latihan Bersama Misdinar Senior-Junior dimulai. Ada 6 Misdinar Baru yang akan di latih.. Di antaranya 4 Laki-laki, 2 Perempuan.


Dalam Pelatihan Misdinar ini, ada beberapa Tahap yang akan di lalui. Tahapan itu meliputi: Tahap Pemahaman, Pendalaman dan Pengenalan Nama-nama Serta Fungsi Berbagai Peralatan Perayaan Ekaristi/Misa; Kemudian Tahap Latihan Tata Gerak dalam Perayaan Ekaristi/Misa; dan yang Terakhir Tahap Latihan Penggunaan Singel (Tali Misdinar).

 

Tahap Pertama- Para Misdinar Baru, di ajak untuk memahami dan mendalami serta mengenal Nama-nama serta Fungsi dari Berbagai Macam Peralatan Perayaan Ekaristi. Mulai dari "Apa itu Sibori, Korporale, Piala, Patena, Ampul, Lavabo, Pala, dan lain sebagainya? Bagaimana Rupa nya? Fungsinya apa? Dan Sebagainya.. Dalam Pelatihan Tahap Pertama ini, Para Misdinar Baru masih tampak Kebingungan.

 

Kemudian, Setelah Latihan Misdinar dimulai dengan Tahap Pertama (Pengenalan, dsb nya), Pelatihan Dilanjutkan dengan Tahap Kedua yakni Latihan Gerak / Tata Gerak dalam Perayaan Ekaristi (Misa).

 

Tahap Kedua- Latihan Tata Gerak dalam Perayaan Ekaristi (Misa). Dalam Pelatihan Tata Gerak ini, Para Misdinar Baru di perkenalan Bagian-bagian dalam Perayaan Ekaristi atau yang sering di sebut Misa. Mulai dari Ritus Pembuka, Liturgi Sabda, Liturgi Ekaristi, hingga Ritus Penutup. Lalu, Kapan Duduk, Kapan Berdiri, dsb nya.. Para Misdinar Baru Mulai Paham-paham Sedikit. Tahap Kedua pun Selesai, Walau dalam beberapa kali pengulangan...

Salah Satu PPA baru berlatih 
menggunakan singel.
dok. fm

Tahap Ketiga (terakhir)- Latihan Menggunakan Singel (Tali Misdinar). Biasanya Tahap ini lah yang paling Rumit bagi para Misdinar baru/Pemula. Namun dengan Tekad dan Kemauan Pasti Bisa lah..:)

 

Akhirnya Keseluruhan Pelatihan PPA (Putra Putri Altar) atau Misdinar Senior/Baru Bersama Para Misdinar Lama pun Selesai.. Di akhir Pelatihan ini juga, dilakukan pendataan Para Misdinar Yang ada di Stasi Wiradesa dan Penjadwalan Tugas pada Perayaan Ekaristi Mingguan.

Pelatihan Misdinar Selesai dalam Waktu Kurang Lebih 2 Jam dan Berakhir pada Pukul. +-12.00 wib.

 

Pelatihan Para Putra Putri Altar ini bertujuan untuk Melatih dan Mengembangkan Generasi Penerus, Agar Gereja Dapat Tetap dan Terus Berkembang..

 


No comments